JatiNews, Muaro Jambi – Hj. Masnah Busro disambut antusias warga saat mengikuti tradisi tahunan budaya bekarang yakni menangkap ikan, makan bersama dan gotong royong di Wisata Dewi Rebung Desa Rengas Bandung, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (20/8/2024). Ia selalu mendukung, agar tradisi ini terus dipertahankan.

“Tahun lalu, jam segini masih sepi. Sore baru ramai. Tahun ini, pagi sudah ramai, pasti nanti lebih ramai,” kata Rus, warga setempat.

Tradisi bekarang dimulai dengan mengangkat tangkul penangkap ikan, sekaligus dimulainya penangkapan ikan oleh warga dengan jaring masing-masing.

Agenda tahunan ini diapresiasi oleh mantan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro karena sudah melestarikan budaya yang turun temurun. Setiap tahun warga bisa menangkap ikan sepuasnya dan menikmati ikan bersama keluarga.

“Budaya seperti ini harus terus dipertahankan dan terus dikembangkan,” kata Masnah.

Masnah Busro yang akan mencalonkan lagi menjadi Bupati Muaro Jambi, berharap dengan pembangunan tempat wisata Dewi Rebung dapat mendorong tumbuhnya ekonomi desa hingga kecamatan.

Baca juga:  Kelompok Tani Sungai Gelam dan Parit Tuntut Hak Lahan Diduga Diduduki PT MKI

“Semoga seperti Danau Tangkas. Wisata desa ini nomor 11 nasional,” kata Masnah.

Danau Tangkas sendiri dibuka oleh Masnah saat menjadi Bupati Muaro Jambi periode 2017-2022 lalu. Semasa menjabat Ia kerap mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. (Wjs)