JatiNews, Jambi – Dari tujuh nama yang menjalin komunikasi dengan bakal calon Wali Kota Jambi Budi Setiawan, satu diantaranya adalah Eko Setiawan. Hal ini diakui oleh Budi Setiawan.

Seperti apa bila dua pemilik nama belakang “Setiawan” ini berduet di Pilkada Kota Jambi? Eko adalah politisi Partai Gerindra dan anggota DPRD Kota Jambi.

Pengamat politik Dori Efendi melihat komposisi Budi Setiawan dan Eko Setiawan di tengah sejumlah nama yang muncul bisa menjadi poin tersendiri.

“Kita sadar bahwa Kota Jambi ini sangat heterogen penduduknya, tapi jangan lupa komposisi masyarakat Jawa cukup banyak,” kata Dori, Jumat (19/7/2024).

Dan Eko Setiawan, kata Dori, bisa menjadi representasi bagi masyarakat Jawa. Terlebih Eko juga aktif di paguyuban masyarakat Jawa, Wisnu Murti. “Kalau dulu ada Pak Turimin almarhum tokoh Jawa yang jadi Wakil Wali Kota Jambi era Arifin

Manap, maka ketika Eko bisa mengambil peran ini akan menjadi nilai tersendiri bagi duo Setiawan,” kata Dori.

Eko Setiawan sendiri di sejumlah baliho, menampilkan sosok Abdullah Sani. Sani tak lain tokoh Jawa mantan Wali Kota Jambi yang kini menjadi Wakil Gubernur.

Baca juga:  Sekda Jambi Sudirman Berharap Anak Didik SMA Titian Teras Unggul dan Berkualitas

Adapun dari sisi usia, sosok Eko yang masih muda dianggap mampu menarik pemilih muda. Pemilik usaha sablon ternama di Kota Jambi itu memang menampilkan citra diri yang muda dan enerjik.

Dori juga menilai yang tak kalah penting adalah bagaimana ketika Eko bisa membawa Partai Gerindra. “Kita tahu Pilpres lalu Golkar dan Gerindra bersama-sama. Dan jika Budi dan Eko berlayar bersama, ini menjadi pasangan kader partai berbeda. Jadi kader partai potensial tidak dianaktirikan,” ujar akademisi yang kerap mengulas politik Jambi terkini itu.

Budi yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kota Jambi mengaku bahwa Eko Setiawan sudah menjalin komunikasi dengan dirinya selain sejumlah nama yang sudah beredar. Namun Budi masih menunggu momen untuk memutuskan dan mengumumkan sosok wakilnya.

Partai Golkar sudah memberi sinyal untuk mengusung kadernya di Pilwako Jambi. Foto Budi Setiawan muncul di akun IG resmi Partai Golkar @kabargolkar. Selain Golkar, PPP telah memberikan rekomendasi kepada Budi Setiawan. (Wjs)